Ayo ngobrol dalam bahasa Indonesia!

Dyah

Member
Dec 29, 2005
453
0
16
Hamburg, Germany
www.ikat-agentur.com
Membaca beberapa posting dari Milan dan Sumatra di kolom lain, ada curhat yang menceritakan betapa sedikitnya kesempatan berbahasa Indonesia di negeri lain. AKu sendiri juga demikian, tetapi bahasa Ibu ... walau pun bagaimana juga, walau pun lama tidak digunakan ... akan selalu ada di otak kita, karena sudah menjadi hal yang normal bahwa otak kita menggunakan struktur yang dikenal lebih baik dalam berpikir dan menyelesaikan hal-hal sulit seperti berhitung, saat bersedih, ngomel dsb ...
Sampai sekarang pun aku tidak pernah yakin: Apa dalam tidur aku bermimpi dalam bahasa Jerman? bahasa Spanyol? Atau ...? Yang pasti di keseharian lebih dominan menggunakan bahasa Jerman dengan suami atau aktivitas sosial lain. Bahasa Indonesiaku aku aktulisasi lewat obrolan di milist dengan teman-teman di Indonesia... milist SMA, milist kampus ... wah senangnya. Sejak ada obrolan via milist yang selalu aktual, aku bisa tahu tentang bahasa sms atual, bahasa gaul dsb... aku benar-benar harus ucapkan trims banyak sekali buat perkembangan teknologi yang jadi jembatan komunikasi.
Dulunya ...? Waduh. Di tahun 92, tekan tombol telpon ke Indonesia saja sudah mendapatkan tagihan 1,50 Euro ... saat ini dengan jumlah itu kita bisa ngobrol ke Indonesia setengah jam ... pernah juga langganan koran atau majalah Indonesia, distribusinya seret banget.
Jadi ... ayo kita gunakan media, seperti halnya forum ... paling tidak buat ngobrol lepas kangen dalam bahasa Indonesia :)
Salam,
Dyah
 

Sumatra

Member
May 4, 2008
283
0
16
Boston
Hello Dyah,

Senang sekali akhirnya ada forum yang bisa ngomong bahasa Indonesia. Sebelum saya meneruskan ngomong2 di sini, kalau ada kata2 yang kedengeranya engak benar, kasih tau ya, saya mengerti kalau bahasa Indo.nya saya engak sebagus kalian, sekalian penyegaran gitu.
Pada waktu pulang tahun kemarin kakak2 nya saya pada bilangin kalau saya ngomong Indo.nya terbalik-balik. :oops:
Di USA saya mengunakan bahasa Indo. sangat terbatas. Saya coba ajarin suami and anak bahasa Indonesia tetapi tidak semudah yang kita bayangkan soalnya kita selalu berbahasa English di sana.
Dyah, udah berapa lama di Jerman?? apa kerasan?? ada rencana balik ke Indo. engak??
Saya pernah ke forum chat gituan sama orang di Jakarta, engak ingat nama forumnya, mereka banyak ngomong2 bahasa/kata2 yang saya tidak mengerti, soalnya saya sudah lama tidak mengikuti perkembangan di Indonesia.

Salam hangat :D
Liz
 

Dyah

Member
Dec 29, 2005
453
0
16
Hamburg, Germany
www.ikat-agentur.com
Liz,
bahasa Indonesia fleksibel kok, jadi gampang dimengerti .. kalau ada salah2 juga gak akan bermasalah sekali seperti kalau kita berbahasa asing lainnya. Seperti Kepala Desa -Om Bert- bilang di sini ...
Bert Vierstra said:
Tidak sulit, dan tidak ada orang pusing: "Siapa Tulis itu?" ;)

Aku sendiri memang berhubungan dengan bahasa Indonesia, jadi sejak dulu lebih menggunakan -boleh dibilang- bahasa baku. Karena dulunya, oleh orangtuaku di rumah tidak boleh menggunakan -bahasa gaul- misalnya kata "elu, gue" tabu, jadi tidak terbiasa saja. Kebiasaan ini jadi keterusan. Kebiasaan menulis dan mengajar bahasa Indonesia menuntutku cari-cari tahu penggunaan bahasa Indonesia yang aktual, saat ini lain sekali karena bahasa gaul benar2 menjadi bagian hidup sehari-hari... juga di media masa.

Aku belum lama hekang dari tanah air. Sejak habis wisuda tahun 1992. Awalnya kuliah S2 dan menikah di Hamburg, belum selesai kuliah suamiku ditugaskan ke negara2 lainnya, untungnya bidangnya sama dengan aku "Pedagogik Bahasa Asing", jadi aku selalu bisa ikut serta dan "sibuk" ikut membantu jadi asisten spesial ... ;-)

Soal pulang kampung: Awalnya sih hanya 2-3 tahun sekali pulang ke Indonesia. Tapi sejak tahun 1999 ... setiap tahun kami ke Indonesia, suamiku fans berat Indonesia, jadi tiap tahunnya berkunjung ke pulau2 yang belum kami kenal. Dan sejak tahun 2000 ... Bali selalu menjadi kunjungan wajib, sampai akhirnya kami putuskan tuk tinggal di sana nantinya. Karena itu aku bertemu forum ini, saat sedang cari property hampir tiga tahun lalu. Sejak punya property di sana, Bali jadi bagian pulang kampung tiap tahun... rencananya sih tiga tahun lagi kami mau mulai dengan "Berbagi Tanah Air" tinggal 6 bulan di Bali dan 6 bulan lainnya di Eropa... pekerjaannku sebagai guru dan EO untuk Event2 Budaya masih bisa diteruskan juga... buat suamiku juga gak jadi masalah, dia sudah bisa off dari pekerjaannya dan meneruskan pekerjaan sampingannya sebagai penulis.

Ngomong-ngomong soal rekening bank ...
baru tiga tahun ini aku pakai kartu "visa Plus" sebagai dompet buat jalan-jalan. Bisa ambil uang di ATM mana saja di penjuru dunia tanpa biaya. Aku sudah coba di berbagai negara... di Indonesia juga banyak sekali ATM untuk Visa Plus.
Rekening bank ini adalah rekening "plus" artinya harus selalu ada saldonya. Jadi seperti dompet "online" lah. Banyak bank yang menawarkan opsi ini, aku sendiri menyesal sekali baru 3 tahun terakhir menikmati layanan ini, tidak terbayang begitu banyaknya biaya yang sudah dibayarkan ke bank-bank saat jalan-jalan dan tinggal di LN, karena suamiku selalu bekerja tuk pemerintah Jerman maka gajinya di bank kami di Jerman. Coba saja cari opsi tersebut di Amerika, aku yakin pasti ada.

Salam dari Hamburg yang hari ini bermatahari ..;-) Sinarnya masuk melalui jendela ruang kerjaku ...
Dyah
 

Sumatra

Member
May 4, 2008
283
0
16
Boston
Hi tk,

Ma'af nich, engak mengerti apa maksudnya " buat account sendiri" tolong kasih tau ya... :oops:
Is it kayak Jimbo Blog gitu??

Liz
 

milan

Member
Mar 20, 2008
668
0
16
Maksudnya kamu bikin profile baru atas nama kamu sendiri dan bukan gabung dengan suami supaya tidak membingungkan siapa yang post, Liz.
 

Sumatra

Member
May 4, 2008
283
0
16
Boston
Sorry Bert, saya panggil kamu TK :oops: saya kirain some kind of initial, sorry banget. Tuh kan saya emang bener ketinggalan banget dech dengan bahasa2 indo. yang masa kini.
tk is terima kasih kan??
tk Bert and Milan atas penjelasanya ok. Ma'af ini ngomongnya agak buru2 soalnya multi task lagi masak dinner, laundry, bersihin rumah terus persiapan untuk besok buat anak, suami and saya.

Bert, saya bener2 salut dech kamu bisa ngomong bahasa Indo. I wish my husband bisa bicara bahasa Indo. tapi dia juga lagi belajar dengan RosettaStone, I think lebih mudah kalo kami udah di Indo. soalnya orang2 pada berbicara bahasa Indo.

Salam hangat, :)
Liz
 

Sumatra

Member
May 4, 2008
283
0
16
Boston
Hi Bert,

Yes, Saya tahu buat account sendiri, I registered my self. I think Hubby likes to share, but let see if I could find a nice picture for my avatar :D

Liz
 

Medan

Member
Oct 11, 2008
34
0
6
Thanks mimpimanis, hubby doesn't want to separate the account but hey, what can I tell you, women always won.

Hey Bert,
Saya tidak pakai backpack lho. cuma gaya aja. :D

Liz
 

Medan

Member
Oct 11, 2008
34
0
6
Dyah,

Kemana aja elo, koq engak nogol2, pasti lagi sibuk ya. Saya baru aja pulang belanja makanan di Wholefood Market. Biasanya kita belanja weekend tapi mau cobain langsung setelah pulang kerja, wahh capek sekali nich. Mana harus nyetir satu jaman lagi ke market pulang pergi.
Suami udah padi bawel aja tuch kecapean, terus kita ngak ke Gym lagi.
Udah dech schedulenya kita pada berantakan.
Tapi besok hari Sabtu kita ada waktu untuk santai ngak usah mikirin belanja ke market lagi,
soalnya ramalan cuaca bakalan udara bagus sekitar 60 F yah lumayanlah namanya juga tinggal di New England.
Eh gimana dong kabarnya kamu kog, sepi2 aja.

Salam hangat,
Liz
 

Dyah

Member
Dec 29, 2005
453
0
16
Hamburg, Germany
www.ikat-agentur.com
Halo semuanya,
aku sedang liburan di Spanyol, salah satu tanah air pilihan ;-) selain Indonesia dan Jerman. Tiap tahunnya kami 1 atau 2 kali ke Spanyol. Karena saat ini kami banyak keliling, jadijarang-jarang online dan buka forum, paling-paling hanya membalas mail-mail wajib saja :). Cuaca di sini walau tidak sebagus biasanya... tapi lumayan... bisa bersantai, jalan-jalan ... dan yang pasti menggunakan bahasa Spanyol di keseharian sehingga tidak sia-sia dulu belajar bahasa Spanyol.

Salam dari Barcelona,
Dyah
 

Dyah

Member
Dec 29, 2005
453
0
16
Hamburg, Germany
www.ikat-agentur.com
Selamat Sore ...
baru kembali dari Barcelona yang hujan rintik-rintik... tiba di Hamburg yang bermatahari dan berwarna emas oleh kuningnya dedaunan! Cuaca benar-benar linglung, jarang-jarang bisa bertemu dengan hangatnya Hamburg, apalagi kalau kembali dari negri lain di Eropa Selatan... rasanya merana sekali kalau harus kembali ke utara di musim gugur ataupun musim dingin.

Liz, pasti sibuk dengan acara keluarga di akhir minggu ya? Karena itu pasti hari ini gak punya waktu buat nongol di forum ...

Dari Hamburg aku ucapkan selamat menikmati weekend dengan santai dan damai ...
-Dyah
 

Medan

Member
Oct 11, 2008
34
0
6
Hello Dyah,

Seneng sekali baca postnya kamu, soalnya bahasa Indonesianya kamu bagus sekali. Kalo saya sich udah bener2 pasaran. Apalagi engak di gunakan setiap hari.
Kita baru aja pulang dari belanja makanan di wholefoods market, terus bawa anjing nya kita ke Petco (Mall untuk anjing2).

Sekarang ini musim fall di New England daun2 pada berguguran and berganti warna, kelihatanya bagus sekali. Kemarin pagi cuaca sekitar 30 derajat F. Dingin banget. Kayaknya saya engak bisa kebiasaan dengan cuaca di sini (USA) Saya sangat tidak suka sekali dengan udara dingin. I hate it. Apalagi icy.
Suami aja yang lahir di sini engak suka ama udara di sini. Makanya kita ingin cepat2 pindah ke Indo. kalo semuanya udak kelar.

Jumat depan is Halloween, anak gue sibuk pada cari kostum untuk halloween party and juga saya harus latihan untuk mengecat mukanya anak gue supaya kelihatan kaya hantu gitu.
It's fun loh. Saya suka halloween.

Well, gimana dengan Dyah??

Salam
Liz
 

Dyah

Member
Dec 29, 2005
453
0
16
Hamburg, Germany
www.ikat-agentur.com
Kontras denganpos kemarin kemarin, hari ini cuaca jelek sekali, bukan hanya dingin tetapi hujan rintik-rintik sejak pagihari. Untunglah, dengan pergantian "Waktu-Winter" kita punya 1 jam "ekstra", jadi kalau bangun siang tidak terlalu kaget, masih ada sisa waktu untuk berhari Minggu. Di cuaca buruk seperti ini, aku pilih nongkrong di depan komputer, bekerja sekalian mampir-mampir di forum.

Mulai besok, keseharianku juga kembali normal. Liburan suami juga sudah berakhir. jadi harus bangun pagi-pagi... :(
Aku sendiri fleksibel dalam menentukan waktu kerja, hanya saja sore hari harus mengajar sampai jam 20.00... dan mulai minggu ini aku mulai lagi dengan 3 kelas sore hari.

Tentang budaya Halloween? saya dan suami nggak pernah merayakannya ekstra, yang pasti di akhir minggu kami nonton film horor ;-)... dan karena kami ngga punya anak... jadi tidak harus cari2 kostum, tetapi soal permen2 buat anak2 kecil yang mampir, kami selalu siap... bukan hanya di waktu Halloween. Kadang ada anak tetangga yang membawakan pos-pos kami dengan gembira, karena mereka tahu ... pasti akan mendapat sebatang coklat dari kami.

Yang pasti di musim ini... kami buat sup "Kürbis" alias Labu Kuning yang aku variasikan dengan jahe dan sedikit santan ... waw enak sekali dimakan dingin-dingin begini.
Aku ucapkan selamat bermalam "halloween" dengan keluarga ...

Cipika cipiki *
-Dyah

*cium pipi kanan, cium pipi kiri