Tak Ada Rotan Akar Pun Jadi ...

Dyah

Member
Dec 29, 2005
453
0
16
Hamburg, Germany
www.ikat-agentur.com
Menyambung obrolan soal masak, bumbu dan kerinduan akan tanah air ...
Aku sih gampangnya saja, pakai jurus "tak ada rotan akar pun jadi" ...
Jadi, di setiap tempat aku singgahi aku selalu coba makanannya, coba bumbu-bumbunya, coba buah- dan sayurannya ...

Jadi jangan heran kalau...
tidak ada kemiri... pakai saja kacang kenari
tidak ada labu siam pakai saja kohlrabi (nama di Jerman)
ngga ada kedondong pakai saja apel hijau yang asam
ngga ada bengkuang pakai buah pir yang muda
ngga ada oncom ... pakai jamur merang dicacah
ngga ada daun singkong pakai grünkohl (kol hijau) ... rasanya sama banget deh...
ngga ada daun salam pakai daun loorbeer (lagi-lagi bahasa Jerman)
ngga ada daun kemangi, pakai daun basil (basilikum)

masih banyakkkk lagi yang bisa diambil dari pengalaman sehari-hari seperti
mau bikin pajegan yang indah ngga ada batang pisang, pakai saja lobak gemuk yang panjang

Salam,
Dyah
 

Kadek

Member
Dec 6, 2005
271
1
16
Australia
Halo Mbak Dyah,

Memang benar, kalau lagi hidup dirantaun memang harus bisa flexible, kalau tidak bisa jadi stress :shock: Saya juga suka masak, tapi karena cuman seorang saja jadi kadang kadang malas report report. Tapi untung ade Tante disini.

Townsville cuman kota kecil, tapi untung ada juga toko Asia jadi bisa beli bumbu and sayuran Asia. Tapi banyak juga supermarkets disini yang sekarang juga menjual makanan Asia. Tapi mahal. Tante punya kebun percis kayak di Bali jadi bisa petik daun singkong, daun ketela, ubi cabe dll..

Kalau untuk saya, yang susahnya itu bikin banten seperti di Bali. Walau ada banyak pohon kelapa, tapi nggak ada orang jual daunnya. Untung waktu Galungan yang baru lewat, bisa beli di Cultural Festival. Jadi canangnya asli banget :D

Simple banten ala Australi
[attachment=0:2vsbokxg]banten.jpg[/attachment:2vsbokxg]



Salam
Kadek
 

Attachments

  • banten.jpg
    banten.jpg
    148 KB · Views: 267

Dyah

Member
Dec 29, 2005
453
0
16
Hamburg, Germany
www.ikat-agentur.com
waduh Kadek, canangnya benar-benar asli. Aku juga tanam bumbu-bumbu di dalam rumah: ada kunyit, jeruk limo dan sereh maupun bumbu-bumbu kecil lain (harus di dalam pot biar bisa pindah ke dalam rumah karena dingin sekali sekarang)... enak sekali bisa petik daun singkong, daun ketela dll ...

Wow ... canangnya asli gaya Australi. Saya masih suka simpan daun kelapa di freezer, tapi jadi coklat, kalau bikin tipat oke... tapi buat banten... kurang cantik.
Kalau ada pameran, saya pesan kakak saya untuk mengirimkan daun kelapa... sekalian banyak... jadi teman-teman Bali di sini mendapat jatah (ada persatuannya sekarang: Nyama Braya Bali di Jerman).

Jadi soal canang mungkin harus puas dengan pakai ental ... atau pakai daun pisang yang segar :)

Salam dari Hamburg yang dingin,
Dyah
 

Medan

Member
Oct 11, 2008
34
0
6
Hi girls,

Wah bacain postnya kalian jadi iri nich, koq kalian pada bisa ada kebun gitu.
Kadek,
Di Australia kan ada musin dingin juga ya, terus gimana dong dengan kebun tantenya kadek?? apa di dalam gitu.
Teman2 saya juga di MA, ada berkebun tapi cuma waktu summer aja, terus mereka bekuin di lemari es untuk winter. Kayaknya repot dech, pengen nyobain tapi ngak ada waktu, habis sibuk melulu.
Kadang2 pengen banget makan-makanan Indo. apa lagi masakan khas Medan, yang pedas2 sampai tu kuping ringing dan merah lagi.

Salam hangat
Liz
 

Kadek

Member
Dec 6, 2005
271
1
16
Australia
Liz, disini musimnya nggak begitu extreme, winter cuman mild saja nggak sampi 5 degree C. Jadi kebun dan tanaman masih bisa hidup cukup bagus. Tapi summer sudah panas sekali sekarang, kemarin teman dikantor saya bilang 'You look tanned!" Nanti kalau pulang pasti deh dibilangan makin hitam :shock: dan ini cuman dari pulang pergi kerja di mobil. Tak perlu deh sunbathing segala :D

Mbak Dyah, wah bagus sekali bisa import daun kelapa dari Indonesia. Apa itu tidak jadi busuk sebelum tiba di Jerman? Quarantine di Oz sangat ketat sekali. Tidak boleh bawa tanaman segar ataupun product hewani kesini. Mungkin bahan ental juga akan disita? Jadi saya nggak pernah bawa gituan dari Bali.

Salam
Kadek
 

Dyah

Member
Dec 29, 2005
453
0
16
Hamburg, Germany
www.ikat-agentur.com
semoga gambarnya bisa muncul...
opfergaben-k.jpg


Kalau begitu beruntung sekali ya, aku bisa import busung ... asli, bagus-bagus.
Supaya tidak cepat rusak, dibungkus dengan daun pisang... atau bisa juga divacuum.
Kalau mau supaya canang dan banten awet... bisa pakai handbody ... maklum kelembaban udara di negri lain ... minim sekali.
Ental masih ber box-box karena memang hanya digunakan kalau tidak ada daun kelapa... karena sudah habis pekerjaan dengan pameran ...besok2 aku harus tawarkan ke teman-teman dari Bali yang mungkin butuh ental.

Saya pernah deg-degan... saat menunggu kiriman "Reog Ponorogo" ...
sebab .. kan banyak unsur binatangnya: Bulu merak yang begitu banyak ...
Syukur waktu itu tidak ada halangan ... sempat ditahan beberapa hari, akhirnya lolos juga.

Waduh enak sekali ... musim dinginnya ramah begitu.
Tentunya banyak tanaman yang bisa tumbuh baik... beruntung sekali.
Liz... kalau memang berminat bertanam: Gunakan pot2 besar, di musim dingin bisa di masukan ke dalam rumah.

Salam dari Hamburg,
Dyah
 

Medan

Member
Oct 11, 2008
34
0
6
Wah kalo saya sih suka musim summer, waktu summer tahun ini saya banyak2 berjemur biar kulitnya agak brown gitu, soalnya teman2 dan suami suka dengan kulit brown.
di Boston summer cuma 3 bulan jadi kalo lagi summer kita2 pada hurry up berjemur banyak2.

Kadek, hitam2 manis sih ngak apa. Bule malah suka. Jadi kelihatan Islander nya. Suamiku selalu bilang.
Kadek, gimana suka duka di Australia ?? Tahun kemarin waktu kita visit Indo. kita mau ke Australia tapi keburu waktunya udah ngak ada, jadi kita cuma ke Singapore, soalnya kalo kita visit Indo biasanya cuma 3 mingguan (biasa liburan dari kerjaan, cuma boleh pergi 3 minggu) jadi kalo pergi suka buru2 apalagi saya banyak keluarga dimana-mana di Indo. ngak bisa di kunjungi semuanya plus harus sisain seminggu di Singapore untuk suami, dia fan nya berat dengan Singapore.

Dyah,
Kamu benar mengenai nanam di dalam rumah, saya mah ngak rajin, takutnya padi mati lagi.
soalnya setelah kerja seharian pulang udah malam terus capek pengenya tidur doang. (itu engak termasuk kegiatan, ngurusin anak, suami, 3 anjing, udah dech kayaknya gue engak punyak waktu untuk diri sendiri)
Makanya saya looking forward to move ke Bali, hidup sederhana dan tenang, punyak waktu buat diri sendiri.

Okay girls,
Salam
Liz
 

Kadek

Member
Dec 6, 2005
271
1
16
Australia
Mbak Dyah, saya suka lihat situsnya Mbak Dyah. Meriah and bagus. Enak dong bisa punya bisnis disana. Bisa kerja and busy and having fun at the same time.

Liz, disini kita punya 360 days of sunshine a year. Jadi sudah banyak exposure dengan teriknya matahari. Saya sich nggak takut hitam cuman takut kena skin cancer. UV sangat tinggi disini, kalau lagi kerja dilapangan suka pakai baju lengan panjang supaya ada proteksi sedikit. Kadang2 saya pakai payung kalau panas sekali biar ada teduh sedikit.

Kerja apa Liz di America? Sepupu saya pergi training disana, tapi sekarang sudah pulang ke Bali.

Dari sini ke Bali tidak gampang and cukup mahal, jadi tidak bisa pulang banyak2. Lebih bagus tinggal di Darwin atau Perth, murah ke Balinya dan tidak begitu jauh.

Salam
Kadek
 

Dyah

Member
Dec 29, 2005
453
0
16
Hamburg, Germany
www.ikat-agentur.com
Halo Kadek,
thanks berat sudah berkunjung ke situsku ... memang dari awal memilih untuk berwiraswasta karena lebih bisa mengatur waktu buat keluarga miniku. Jadi waktu liburan bisa disesuaikan sama dengan liburan suami... praktis :oops:

Apalagi menjalankan profesi mengajar, kalau punya sekolah sendiri (walaupun juga mini) ... jadi bisa menentukan program... hasilnya bisa maksimal, guru senang mengajar, murid juga senang belajar.

Mungkin profesi ini akan saya teruskan di Bali... terutama untuk murid-murid di Jerman, bisa bikin program belajar bahasa Indonesia sekaligus mengenal budaya dari dekat, ada sekolah seni yang sudah saya hubungi juga... untuk maksimal 3 tahun ke depan bisa dilaksanakan, kalau sudah stay 6 bulan di Bali dalam setahunnya. Untuk saat ini, kalau hanya 8 minggu, cepat sekali... 2 minggu keluarga, 1 minggu teman-teman, 1 minggu urusan kerja, 4 minggu sisa libur bersama suami.... waktu jadi cepattt sekali seperti liburan summer tahun ini.

Salam,
Dyah
 

Medan

Member
Oct 11, 2008
34
0
6
Hello Kadek,

Saya kerja di Construction Co. sebagai Administrative Assistant di Division Mechanical.
Ini websitenya kalo mau liat2 http://www.rhwhite.com
RH White salah satu construction terbesar di New England.
Saya kira2 bekerja di sana selama 7 thn. Makanya sangat sedih waktu bilangin ke temen2 and managers kalo gue mau pindah ke Indo. soalnya kita sudah dekat sekali dengan mereka kayak saudara sendiri aja. Habis I spend more time dengan mereka dari pada anak and suami, maklumnya kalo di sana kita harus kerja terus.

Liz
 

Medan

Member
Oct 11, 2008
34
0
6
Hello Dyah,

Kita tergantung dengan rumah, kalo rumah udah terjual kita langsung pindah. Paling lambat tahun depan sebelum Christmas.
Saya juga pengen buru2 pindah, kita udah capek kehidupan buru2 melulu di USA. pingin hidup tenang and santai, maklumlah apalagi umur tambah terus.

Ngomong2 bagaimana pendapat kalian setelah membaca post di atas tentang orang2 Indonesia yang selalu di rendahkan, di bilang bodoh, engak bersih, monkey, dan sebagainya. Ini tidak termasuk dengan perkataan yang sangat cruel.

Honestly, Saya tersinggung loh. Walaupun saya sudah American eyes tapi tepat saja terasa, apalagi keluarga saya semua masih di Indo.
Kalo memang engak senang dengan aturan2 Indonesia atau orang2 indonesia kenapa pilih indonesia sebagai tempat tinggal??
why not else where..
Sorry nich kesal di sini pengenya tadi mau balas postnya di atas tapi suamiku udah keduluan.

Salam
Liz
 

Kadek

Member
Dec 6, 2005
271
1
16
Australia
Hi Liz,

Mudah2 kamu sekeluarga bisa pindah ke Indo secepatnya sesuai rencana.

Biasanya saya akan jawab posting2 yang menghina Indonesia dan Bali. Pertama2 saya ikut forum ini, karena tersinggung oleh posting yang menghina (banyak posting dulu yang lebih menghina). Saya pernah maunya tidak login kesini lagi karena kalau dipikir pikir, tidak ada gunanya. Saya sekarang capek dan malas adu pendapat banyak2 di Forum. Bikin pusing kepala. Dan walaupun selalau dibahas, tapi tidak ada perubahan. Jadi saya hanya baca kadang2 sekilas saja.

Saya pikir, karena anonimity, orang bisa seenaknya saja bilang ini itu, toh orang tidak tahu siapa mereka, tidak bisa lihat muka pula. Seperti orang bilang, lidah lebih tajam dari pisau!

Salam
Kadek
 

Medan

Member
Oct 11, 2008
34
0
6
Kadek,

Kamu memang benar, saya juga berpikir seperti itu tapi kadang2 mereka keterlaluan loh.
kadang2 saya perpikir apa mereka sadar kalau mereka itu di third world country.
Mereka selalu bawa2 aturan2 dari negara mereka dan expect indonesian to follow. Apakah mereka menyadari kalo mereka itu tamu di sana.
Seperti saya di sini(USA) saya harus menyesuaikan diri dengan aturan2 disini. Kalo saya engak suka ya diam aja, gue engak jelek2 in orang Amerika. atau move out of there.
Seperti kami, banyak kami yang tidak setuju dengan aturan2 di Amerika makanya kami mau pindah. Suami ku sendiri orang Amerika tidak suka dengan aturan2 di USA.
Makanya setiap hari soo many American move to other country.
Tu orang ngomongin tentang orang2 Indonesia and negara Indonesia tapi masih tetap tinggal di sana. Why??

Salam Liz
 

Dyah

Member
Dec 29, 2005
453
0
16
Hamburg, Germany
www.ikat-agentur.com
Met Malem Kadek, Met Pagi Liz...
kita bertiga tinggal di belahan bumi yang berbeda ... di sini masih siang, jam 13.06 ...
baru saja selesai termin dengan konsultan pajak ... duh ringannya kalau kertas-kertas sudah lenyap dari meja kerja.

Soal omong jelek tentang sebuah bangsa, satu negri, seseorang ataupun etnik tertentu ... memang bikin terkaget-kaget ... AKu juga sama dengan Kadek, dulunya juga sering ngomel... apalagi kalau berhadapan langsung, bukan di internet ... waduh sering harus menekan emosi ... sampe akhirnya jadi migren...

Lama-kelamaan aku lebih tenang. Justru dengan orang-orang kenalan dekat aku akan ngomel dan kritik habis-habisan ... karena aku mau mereka berubah dan aku sayang mereka sebagai teman dan sahabat. Saat ini aku ngga lagi ngomel ... apalagi terhadap orang yang -no name- buatku. Cuma sebagai bahan pengetahuan, betapa piciknya mereka yang berpikir secara general... mereka yang membelahbelah bangsa, etnik, ideologi dalam sebuah stereotipe ...

Buatku "no way" buat bilang orang Batak begini begitu ... Orang Bali bersifat "Z"
orang Spanyol sifatnya "A" dan "B" ... dan sebagainya
Hanya sayangnya di dunia realitas ... kebanyakan orang memelihara "stereotype" sedemikian rupa ... dan dipupuk dalam sehari-hari. Lihat saja di iklan, humor, dsb ...
Sulit sekali buat dihindari.

Aku sih berpikir simpel saja, berusaha tidak seperti mereka.... dan berusaha berbuat sebisanya ... gimana memandang orang ... sebagai individu ... perorangan dengan latar belakang yang macam-macam.

Salam kalem aja deh,
Dyah