Sepi Sekali....

Irislahay

Member
Apr 10, 2004
257
0
16
France, Bali now
Indonesian:
Aduuuh, sepi sekali forum bahasa ini, apakah tidak ada yang mau bergabung? Bapak, Ibu dan Saudara sekalian? :wink:

Mungkin ada yang ingin belajar tentang tata bahasa Indonesia? Saya bisa membantu... gratisss!! :wink:

English:
Waouw, this forum is pretty quiet, there's nobody wants to join in? Mr, Mrs, Miss? :wink:

Maybe anybody wants to learn about Indonesian grammar? I can help you... freeee!! :wink:
 

Bert Vierstra

Active Member
Nov 5, 2002
3,403
0
36
Homeless
Well, maybe sepi disini tapi I have met some people in Lovina that have posted on this forum, and I know from my stats that there are a lot of people lurking,,,
 

Irislahay

Member
Apr 10, 2004
257
0
16
France, Bali now
Hi Bert...

Really many people in Lovina are interesting? I have been waiting for a long time in Bahasa forum. See how some foreign people talking with Indonesian language. I never guess that many foreign people can speak Indonesian pretty good...

From the bottom of my heart, thank's Bert, you made bahasa forum..
 
Mar 6, 2005
118
0
16
Paris France
Iris
Saya baru saja masuk ke forum ini. Saya orang perancis dan saya senang dapat kesempatan untunk melatih diri (?) dalam bahasa indonesia. Maaf kalau saya sering membuat kesalahan. Mudah-mudahan bahwa, dengan bantuan Iris dan orang-orang lain di forum ini saya maju cepat.
Saya tinggal di Perancis, di Paris. Saya sudah belajar bahasa indonesia di Fakultas Bahasa Timor di Paris, tapi itu terjadi lama dulu, dua puluh lima tahun tetapnya. Sejak itu, kesempatan untuk bicara dan "berpraktis", tidak saya dapat sampai september 2003, waktu saya kembali ke Bali selama tiga minggu. Sebelumnya, saya tidak kembali kesana sejak dua puluh tiga tahun. Sepulang ke Paris saya dapat kesempatan untuk bicara satu jam sebulan dengan orang Jawa yang tinggal di Paris dan saya belajar dalam buku buku bahasa, tetapi itu tidak cukup ! Saya memang perlu bercakap-cakap dengan orang indonesian untuk maju ! Terima kasih atas tawaran bantuan Iris (kalau tawaran itu masih berlaku). Mohon maaf lagi akan kesalahan !
Jean-Pascal
 

Irislahay

Member
Apr 10, 2004
257
0
16
France, Bali now
Bienvenue Monsieur Comte...

Can I call you Jean? Bahasa Indonesia anda bagus sekali. Satu buku yang mungkin bisa menjadi pegangan untuk belajar bahasa Indonesia dengan mudah adalah l'Indonésien de Poche. Banyak edisi yang sudah diterbitkan di Perancis. Selain itu, melalui forum ini juga anda akan mendapatkan banyak informasi tentang pulau Bali. Kalau anda ingin berbicara dengan saya dalam bahasa Indonesia, temui saya melalui MSN messenger, saya akan mengundang anda untuk menjadi kontak saya...
 
Mar 6, 2005
118
0
16
Paris France
Irislahay
Terima kasih atas selamat datang itu. Tentu saja, boleh panggil saya Jean. Saya tidak tahu tentang buku tersebut. Saya akan mencari di Amazon. Sekarang saya belajar dengan dua buku diterbitkan oleh Periplus dan ditulis oleh Yohanni Johns (tahukah buku itu ?) Saya juga punya buku-buku dari Inalco (Institut national des langues orientales) yang saya menyimpan dari jaman dulu, waktu saya belajar disana. Tetapi, rasanya, buku-buku Yoanni Johns itu lebih baik.
You noted, on another post, that I have been a kind of a serial poster lately. I hope you will excuse this excess of enthousiasm coming from a newbie :wink: Anyway, I will be back to work next week, that should cool me down.
Bagaimana hawanya di Perancis selatan, sekarang ?
 

Irislahay

Member
Apr 10, 2004
257
0
16
France, Bali now
Bonjour Jean...

Panggil saja saya Iris, meskipun banyak yang bernama Iris di forum ini. Saya pernah mendengar tentang Periplus, namun saya tidak memiliki satupun edisi Periplus. Jean, sering mengeposkan di forum ini, selain berguna untuk diri kita sendiri, juga berguna untuk orang lain yang membutuhkan informasi yang mungkin mereka cari. Saya sering membaca di forum ini dan mendapati bahwa diri saya -meskipun saya orang Bali- banyak yang belum saya ketahui mengenai tanah kelahiran saya.

Jean, saya telah membuka profile anda di forum ini, saya baru mengetahui bahwa anda adalah seorang wartawan. Saya senang membaca Le Monde di internet, dan saya mencoba membuka arsip Le Monde sejak tahun 1987, namun saya tidak menemukan arsip dari anda. Saya juga senang menulis, saat ini, beberapa karya saya dimuat di beberapa website, namun saya melakukannya karena saya senang menulis. Saya senang sekali dapat berkenalan dengan anda.

Hawa di Perancis Selatan (saya tinggal di wilayah Rhône-Alpes, tepatnya Ardéche), udaranya tidak begitu dingin, di siang hari berkisar antara 10-13°C, jadi kami tidak mendapatkan salju sedikitpun. Paris biasanya dingin sekali, bagaimana situasi disana saat ini?
 

matahari

Member
Mar 8, 2005
165
0
16
Oslo
I can speak a litle bit indonesia, mostly I`v learned from friend`s on the beach.

As I will be moving to bali I know that I will have to learn bahasa indonesia.

My understandment is that the best way to learn is to go to some form of bahasa studyclass combined with alot of talk with locals. Have I asumed correct?

Irishlahay
do you know of any good places in the kuta area to study indonesia? private or in group doesn`t mather, not to expensive thou !
 

Irislahay

Member
Apr 10, 2004
257
0
16
France, Bali now
do you know of any good places in the kuta area to study indonesia?

About Kuta area I don't know :oops: but Denpasar is not far from Kuta, you can go to Indonesia Australia Language Foundation, Jl Kapten Agung 17, Denpasar. Phone 225 243

do you know of any good website that teaches bahasa?

http://www.expat.or.id/info/bahasa.html
or try this http://www.phrasebase.com/learn/indonesian.php to complete

terimakasi

the script is "terimakasih", :) sama sama, Matahari...

PS. Matahari, very nice name :) [/quote]
 

matahari

Member
Mar 8, 2005
165
0
16
Oslo
denpasar is fine, thanks for that.
can you give me some examples of normal price for bahasa study?

I will check out those websites, and learn more basic bahasa :)

saya suka matahari, sekarang dingjin sekali di swedia, tidak bagus!!
kepan saya pergi ke bali saya mau blajhar lagi bahasa indonesia.

Matur suksuma :)
 

Irislahay

Member
Apr 10, 2004
257
0
16
France, Bali now
Examples of normal price? well, that's pretty difficult question. Every course have their own price. You have to check first what will you get when you're graduated from this course.

When you arrived in Bali, just take their brochures (for Indonesian course) then you can compare it...

Dingin? you still have snow over there? In my place, we just start the summer, will be full with tourists doing kayaking...
 

Margriet

Member
Sep 2, 2004
97
0
6
Ah lebih banyak orang berbicara bahasa Indonesia di sini! Saya senang dengan ini karena saya bisa mengerti lebih banyak setiap kali saya mencoba!
Di rumah saya, pacar saya dan saya berbicara Bahasa juga, tetapi itu masih susa karena saya belum bisa berkata semua saya mau.
Saya sedikit takut saya tidak bisa berbicara dengan orang di Bali, karena saya pikir mereka selalu berbicara bahasa Bali. Itu benar?
 

Irislahay

Member
Apr 10, 2004
257
0
16
France, Bali now
Saya sedikit takut saya tidak bisa berbicara dengan orang di Bali, karena saya pikir mereka selalu berbicara bahasa Bali. Itu benar?

Margriet,

Orang di Bali, umumnya berbicara dalam Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Namun, orang dari Bali, berbicara bahasa Bali sebagai bahasa sehari-hari. Tentunya sekarang anda dapat membedakan kalimat tersebut. Jadi tidak usah takut Margriet, anda dapat mempraktekkan bahasa* Indonesia anda dengan orang di Bali... :)

*bahasa = language
 

matahari

Member
Mar 8, 2005
165
0
16
Oslo
Iris,
can you translate these words for me pleas?


Orang di Bali = people in bali ?
berbicara = speak ?
dalam = ?
sebagai = ?
Namun = ?
Orang dari Bali = people from Bali ?
sehare-hari = everyday ?
Tentunya = ?
dapat = ?
membedakan = ?
kalimat = ?
terseput = ?
Jadi = ?
usah = ?
takut = ?
dapat = ?
mempraktekkan = ?

:?:

TM
 

Irislahay

Member
Apr 10, 2004
257
0
16
France, Bali now
Orang di Bali = people in bali
berbicara = speaking
dalam = in
sebagai = as
Namun = but
Orang dari Bali = people from Bali
sehare-hari = usually ( bahasa sehari-hari = usual language)
Tentunya = sure, of course
dapat = can
membedakan = make the different
kalimat = sentence
terseput = tersebut = that
Jadi = so
usah = ex. "tidak usah takut" = don't be scare
takut = scare
dapat = can
mempraktekkan = to practice

:) :)